Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional
iwak terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina
Sukamulia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan mtode
eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Group
Pretest—osttest. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik sampel jenuh dengan
jumlah subjek sebanyak 16 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t. teknik analisis data
menggunakan analisis data observasi, uji validitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan
permainan tradisional iwak terhadap perkembangan kognitif anak (thitung = 17,784)
> ttabel (1,75305) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap
perkembangan kognitif anak, dengan pretest diperoleh rata-rata total persentase
keseluruhan 35% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam
persentase kategori penilaianâ€Mulai Berkembang (MB)†dan setelah diberi
perlakuan dan posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat
dari sebelumnya yaitu 78% dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik
(BSB)â€.
Kata Kunci: Permainan tradisional iwa