Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kereta angka
untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak pada
kelompok A di TK Ummi Adniah NW Pancor tahun ajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan Sample penelitian
ini adalah seluruh siswa-siswi kelompok A di TK Ummi Adniah NW Pancor yang
berjumlah 18 anak. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel yaitu Teknik Nonprobability Sampling yang meliputi
Sampling jenuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-group pretestposttest design. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan observasi. Data
analisis menggunakan uji t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel
(7421 > 2,110) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media kereta angka untuk
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK
Ummi Adniah NW Pancor tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Media Kereta Angka, Lambang bilangan.