Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain
peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok B2 di TK
Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses
pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Mahkota
Selong tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 25 anak. Sedangkan objek
penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode
bermain peran di kelompok B2 Mahkota Selong.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi
terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B2 TK Mahkota Selong pada pra
tindakan mencapai 40% untuk alternatif jawaban “Ya†dengan kategori “Tidak
Baikâ€. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode
Bermain Peran, kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61,3% untuk
alternatif jawaban “Ya†dengan kategori “Cukup Baikâ€. Adapun setelah dilakukan
perbaikan pada siklus II kemampuan berbicara pada anak semakin meningkat
menjadi 78% untuk alternatif jawaban “Ya†dengan kategori “Sangat Baikâ€.
Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada
anak kelompok B2 TK Mahkota Selong.
Kata kunci: KemampuanBerbicara, Metode BermainPeran, PTK