DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B2 TK MAHKOTA SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
NURI, LIKA SARTIKA
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-04 06:40:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok B2 di TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di kelompok B2 Mahkota Selong. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B2 TK Mahkota Selong pada pra tindakan mencapai 40% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Tidak Baik”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode Bermain Peran, kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61,3% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Cukup Baik”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berbicara pada anak semakin meningkat menjadi 78% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Mahkota Selong. Kata kunci: KemampuanBerbicara, Metode BermainPeran, PTK 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi