Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dekakdekak geometri untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok A
yang direalisasikan menjadi bentuk produk berupa media dekak-dekak geometri.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall
yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap
pengembangan dan analisis produk, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan, dan
tahap revisi produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang
dikembangkan berupa media dekak-dekak geometri dapat dikatakan layak digunakan
dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh data bahwa
produk media dekak-dekak geometri dapat dikategorikan “baik†dengan jumlah skor
38 pada rentang skor 37, 398 < X ≤ 46, 194. Sedangkan hasil validasi ahli materi
dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan mendapat kategori “cukup baikâ€
dengan jumlah skor 30 berada pada rentang 26,04 < X ≤ 33,96. Berdasarkan hasil uji
coba lapangan diperoleh data siswa yang mendapat kriteria Sangat Baik sebanyak 9
orang, siswa yang mendapat kriteria Baik sebanyak 5 orang, siswa yang mendapat
kriteria Cukup sebanyak 1 orang, dan siswa yang mendapat kriteria kurang sebanyak
2 orang. Data aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa termasuk
dalam kategori “aktif†dengan skoe rata-rata 46,411. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media dekak-dekak
geometri untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak layak digunakan dalam
pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: media dekak-dekak geometri, mengenal bentuk geometri, penelitian
pengembangan