Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan media paliber untuk
meningkatkan kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun. Model
pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang terdiri enam tahapan.
Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Subjek skala kecil berjumlah
5 anak dan skala besar berjumlah 25 anak. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menujukan bahwa dari hasil validasi ahli media memperoleh skor 41 dengan nilai
rata-rata 4,1 dengan kategori “baikâ€, hasil validasi ahli materi memperoleh skor
44 dengan nilai rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat baikâ€. Hasil observasi pada
skala kecil diperoleh nilai persentase keberhasilan secara klasikal pretest yaitu
60% (BB) dan postest diperoleh 80% (MB), sedangkan hasil observasi skala besar
pretest yaitu 56% (BB) dan postest diperoleh 88% (BSH). Hasil tes belajar pada
skala kecil diperoleh nilai persentase keberhasilan secara klasikal pretest yaitu
60% (BB) dan postest diperoleh 80% (MB), sedangkan hasil tes belajar pada skala
besardiperoleh nilai persentase secara klasikal pretest yaitu 68% (BB) dan postest
diperoleh 88% (BSH). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media
paliber layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan matematika anak usia
5-6 tahun.
Kata Kunci: media, paliber, matematika anak usia 5-6 tahun.