Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media big book
dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di PAUD KB
Ikhlasul Abidin Timba Gerah Pringgasela Selatan. Jenis penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak
kelas B yaitu B1 dan B2. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampel
jenuh. Kelas B1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas B2 sebagai kelas
kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design
dengan jenis nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dua
pihak dengan metode piered sampel t-test. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa
thitung> ttabel yaitu (8,85 > 1,833) yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya
perbedaan dilihat dari persentase rata-rata yang diperoleh anak pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol pada saat pretest maupun posttest. Pada saat pretest,
anak pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 33,1%. Sedangkan
pada saat posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,5%. Pada kelas kontrol, anak
memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 32,1%. Sedangkan pada saat posttest
diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media
big book dapat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan
anak usia 5-6 tahun di PAUD KB Ikhlasul Abidin Timba Gerah Pringgasela
Selatan.
Kata Kunci: Media big book, media papan tulis dan poster, kemampuan
keaksaraan