Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B
PAUD AL-IKHLAS Sembalun Bumbung tahun ajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desainpreeksperimental yang menggunakan rancangan penelitian One-Group PretestPosttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B berjumlah 18 anak
PAUD AL-IKHLAS Sembalun Bumbung tahun ajaran 2018/2019. Sampel
penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan dokumentasi serta instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi kemampuan kognitif khususnya kemampuan berfikir logis anak.
Data dianalisis menggunakan persentase kategori penilaian dari Dirjen DIKNAS.
Adanya perbedaan kemampuan kognitif anak yang didapat dari pretest diperoleh
rata-rata total persentase keseluruhan 32% yang dicapai oleh semua anak
termasuk dalam kategori “Mulai Berkembang (MB)â€. Setelah dilaksanakan
perlakuan atau posttest diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 74% dengan
kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)â€. Padapengujian hipotesis
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan metode
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif khususnya pada
kemampuan berfikir logis anak (14,5353> 1,7396) sehingga hipotesisnya
diterima.
Kata Kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Kemampuan kognitif, Kemampuan
Berfikir Logis.