DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B PAUD AL-IKHLAS SEMBALUN BUMBUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AINI, NIKMATUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-04 08:10:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B PAUD AL-IKHLAS Sembalun Bumbung tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desainpreeksperimental yang menggunakan rancangan penelitian One-Group PretestPosttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B berjumlah 18 anak PAUD AL-IKHLAS Sembalun Bumbung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi serta instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan kognitif khususnya kemampuan berfikir logis anak. Data dianalisis menggunakan persentase kategori penilaian dari Dirjen DIKNAS. Adanya perbedaan kemampuan kognitif anak yang didapat dari pretest diperoleh rata-rata total persentase keseluruhan 32% yang dicapai oleh semua anak termasuk dalam kategori “Mulai Berkembang (MB)”. Setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 74% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Padapengujian hipotesis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif khususnya pada kemampuan berfikir logis anak (14,5353> 1,7396) sehingga hipotesisnya diterima. Kata Kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Kemampuan kognitif, Kemampuan Berfikir Logis. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi