Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran berbasis game android
dan menguji efektifitasnya dalam meningkatkan aspek kognitif anak usia dini
kelas B2 (usia 5-6 tahun) di TK Islam Darussalam Kopang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mangacu
pada model R & D menurut Sugiyono (2013). Pengumpulan data validasi oleh 2
orang validator menggunakan instrumen lembar validasi, dan data uji coba produk
dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi terhadap penilaian aspek
kognitif dan respon 13 anak di kelas B2 (usia 5-6 tahun) TK Islam Darussalam
Kopang. Data validasi desain dianalisis dengan indeks kesepakatan ahli yang
disarankan oleh Lawshe dan Martuza (Gregory, 2007). Sedangkan data penilaian
aspek kognitif respon anak di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game android ini
efektif dalam meningkatkan perkembangan aspek kognitifnya anak usia dini kelas
B2 (usia 5-6 tahun) di TK Islam Darussalam Kopang. Hal ini didasarkan, antara
lain pada hasil validasi ahli oleh 2 orang validator menunjukkan koefisien
validitas sebesar 0.68 dengan kriteria validitas Sedang, hasil observasi penilaian
aspek kognitif anak juga menunjukkan perolehan yang melebihi dari standar
keberhasilan pencapaian perkembangan anak secara klasikal yang ditetapkan di
TK Islam Darussalam Kopang (≥ 75% anak berada dalam kategori BSH), dan
hasil observasi terhadap respon anak menunjukkan kategori sangat tinggi atau
lebih dari 75% atau sekitar 8 orang anak memiliki respon positip.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Android, Aspek Kognitif