Abstract :
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle geometri
pada anak kelompok B TK PKK Kelayu Jorong. Bentuk geometri yang
dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan bekerjasama dengan
guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 12 anak, yang terdiri 7 perempuan dan
5 laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri
melalui puzzle geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
check list dan dokumentasi (LKA). Teknik analisis data menggunakan
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini adalah jika persentase kemamampuan mengenal bentuk
geometri pada anak telah mencapai 75% dengan kriteria baik. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan
mengenal bentuk geometri dengan bermain puzzle geometri. Peningkatan
kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan
mengelompokkan, membedakan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui
puzzle geometri dalam pelakasanaan pra tindakan 27,78% , dan pada siklus I
41,67%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,55%.
Peningkatan tersebut dikarenakan anak sudah terbiasa dengan penggunaan
puzzle geometri dan penjelasan peneliti yang secara berulang-ulang.
Kata Kunci : kemampuan mengenal bentuk geometri, melalui puzzle
geometri, PTK.