DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VI SDN 3 TANJUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
LIPAYANA, DEWI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 02:00:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN 3 Tanjung Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN 3 Tanjung setelah menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tahapannya terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Untuk mendapatkan data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, digunakan lembar observasi. Sedangkan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa, digunakan teknik tes yang terdiri pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Tanjung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PKn melalui metode bermain peran pada siswa kelas VI SDN 3 Tanjung Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari adanya peningkatan skor rata-rata aktivitas guru dari 23 pada siklus I menjadi 28 pada siklus II. Selanjutnya, aktivitas siswa juga meningkat dari skor rata-rata 23.5 pada siklus I menjadi 27.37 pada siklus II. Selain itu hasil tes siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkatkan dari 74.00 pada siklus I menjadi 81,37 pada siklus II. Dari segi ketuntasan klasikal, ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 79.17% pada siklus I menjadi 95.83% pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bermain Peran 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi