Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa di
kelas lima SD Negeri 1 Pohgading. Penelitian ini menggunakan metode observasi
dan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai bahan penelitian. Sebelum
peneliti melakukan penelitian, data yang diperoleh dari guru menunjukkan
terdapat 44 orang siswa memiliki nilai rata-rata kemampuan membaca
pemahaman sebesar 67,3. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 orang dengan
presentase ketuntasan sebesar 81,8% sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas
sebanyak 8 orang dengan presentase ketidaktuntasan sebesar 18,2%. Kemudian,
setelah peneliti melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat 44 orang siswa memiliki jumlah nilai rata-rata kemampuan membaca
pemahaman sebesar 71,6. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 42 orang dengan
presentase ketuntasan sebesar 95,5% sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas
sebanyak 2 orang dengan presentase ketidaktuntasan sebesar 4,5%. Berdasarkan
data perolehan nilai dan peresentase ketuntasan siswa Sekolah Dasar Negeri 1
Pohgading, telah menghasilkan temuan yaitu adanya peningkatan yang tinggi
pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 5 SDN 1 Pohgading.
Kata Kunci: kemampuan membaca siswa