DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MU’AWWANAH AIKMEL UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
UYUN, NURUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 02:26:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside-circle berbantuan media gambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Al-Mu’Awwanah Aikmel Utara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode penelitiannya adalah eksperimental dengan desain Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak pada kelompok B sejumlahn 40 anak di TK AlMu’Awwanah Aikmel Utara. Sampel penelitian menggunakan tekhnik sampling jenuh dengan kelas B1 sejumlah 13 anak sebagai kelompok kontrol dan B2 sejumlah 27 sebagai kelompok eskperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside-circle berbantuan media gambar terhadap kemampuan berbicara anak dengan nilai thitung = 5,102 > ttabel =1,706. yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Perbedaan kemampuan berbicara anak dengan pretest diperoleh nilai rata-rata persentase keberhasilan keseluruhan anak sebesar 35,3% dengan termasuk dalam kategori penilaian “Mulai Berkembang” (MB), dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total nilai ratarata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni sebesar 70,7% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH). Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, inside-outside-circle, media gambar, berbicara anak, usia 5-6 tahun. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi