Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe inside-outside-circle berbantuan media gambar terhadap
kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Al-Mu’Awwanah Aikmel Utara
tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif, metode penelitiannya adalah eksperimental dengan desain Quasi
Experimental Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh anak pada kelompok B sejumlahn 40 anak di TK AlMu’Awwanah Aikmel Utara. Sampel penelitian menggunakan tekhnik sampling
jenuh dengan kelas B1 sejumlah 13 anak sebagai kelompok kontrol dan B2
sejumlah 27 sebagai kelompok eskperimen. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan
uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe inside-outside-circle berbantuan media gambar
terhadap kemampuan berbicara anak dengan nilai thitung = 5,102 > ttabel =1,706.
yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Perbedaan kemampuan berbicara anak
dengan pretest diperoleh nilai rata-rata persentase keberhasilan keseluruhan anak
sebesar 35,3% dengan termasuk dalam kategori penilaian “Mulai Berkembangâ€
(MB), dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total nilai ratarata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni sebesar 70,7%
dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan†(BSH).
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, inside-outside-circle, media gambar,
berbicara anak, usia 5-6 tahun.