Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran
integratif berbasis lesson study terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa
kelas V SDN 3 Sakra. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen
dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas V SDN 3 Sakra yang teridiri dari dua kelas. Kelas VA sebagai
kelompok kontrol dan VB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes.Teknik analisis data untuk
menguji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan model integratif berbasis lesson
study lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman dengan metode
konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi
5% diperoleh t hitung (8,889) > t tabel (1,697). Nilai t hitung> t tabel menunjukkan
bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok berbeda secara
signifikan.Berdasarkan nilai thitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model integratif berbasis lesson study memberikan
pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN
3 Sakra tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: model integratif, lesson study, membaca pemahaman