Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama melalui
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada anak
didik kelompok B di TK Al-Islam Apitaik Tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah Penelitin Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan mulai dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
anak didik Kelompok B yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data
menggunakan observadi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi Tehnik analisis data
menggunakan analisis statistic kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan pra tindakan masih mencapai hasil
6.67%. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi
53.33%. Selanjutnya setelah diberikan tindakan siklus II mengalami peningkatan
yang signifikan yaitu 87.67%. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah
Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan
Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B di TK Al- Islam Apitaik Tahun
2019/2020.
Kata Kunci : Team Game Tournament, Kemampuan Kerjasama