Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kayu berhitung dalam
mengenal angka 1-10 pada kelompok A di TK NW Aikmel. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian eksperimen, dengan desain pre-eksperimental yang
menggunakan rancangan penelitian One-Group Pre-test -Post -test. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelompok A berjumlah 15 anak . Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi dan dokumentasi serta instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi kemampuan mengenal angka 1 -10.
Data dianalisis menggunakan persentase kategori penilaian dari Dirjen
DIKNAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan media
kayu berhitung dalam mengenal angka 1-10 pada anak thitung> ttabel (13,164190 >
2,144787) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap
pengenalan angka pada anak, dengan pre -test diperoleh rata -rata total presentase
keseluruhan 33% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam
persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)†dan setelah
dilaksanakan perlakuan atau post-test diperoleh total rata-rata persentase
keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 67% dengan kategori penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan (BSH)â€.
Kata Kunci:media kayu berhitung, pengenalan angka