Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis teori
belajar Dienes. . Mata pelajaran matematika untuk kelas II SDN 4 Suntalangu
yang dibantu dengan buku materi dan bahan ajar teori belajar Dienes. Peneliti
mengembangkan bahan ajar berbasis teori belajar Dienes matapelajaran
matematika ini untuk membantu pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan
dan pengurangan dengan menggunakan bahan ajar.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research And
Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan
Plomp yang disederhanakan menjadi lima fase, yaitu investigasi awal,
perancangan, realisasi, validasi dan ujicoba, implementasi. lapangan dan revisi.
Dalam penelitian ini dilakukan validasi produk yang dikembangkan, validasi
dilakukan oleh tim ahli materi dan ahli tampilan bahan ajar. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah data validasi materi, tampilan bahan ajar, dan data
respon siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan
berupa bahan ajar matematika yang dibantu bahan materi dan bahan ajar dapat
dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli
materi diperoleh data bahwa buku materi dapat dikategorikan “baik†dari 10 item
diperoleh jumlah skor aktual 38 dan rata-rata 3,8. Sedangkan dari hasil validasi
ahli tampilan bahan ajar dapat diketahui bahan ajar matematika yang
dikembangkan mendapat kategori “cukupâ€, dari 10 item diperoleh jumlah skor
aktual 27 dan rata-rata 2,7. Berdasarkan hasil uji coba lapangan respon siswa
dapat di kategorikan "senang" dari 4 item diperoleh data respon siswa mencapai
317dari 25 siswa dan rata-rata 14,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar matematika berupa bahan
materi dan bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran di SD.
Kata kunci: Bahan Ajar Pelajaran Matematika Berbasis Teori Belajar Dienes.