Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dengan
menggunakan media yang dikembangkan dan bagaimana kelayakan media yang
dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media
Flanelgraf berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat indra
dan pemeliharaannya pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang terdiri
dari 10 langkah pengembangan tetapi disederhanakan menjadi 7 langkah. Hasil analisis
dari ahli media menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori baik layak
digunakan dengan rentang 40,8 < X ≤ 50,4. Dari hasil ahli materi menunjukkan media
masuk dalam kategori baik (layak digunakan) dengan rentang 51 < X ≤ 63. Data tes
hasil evaluasi belajar siswa skala besar yaitu rata-rata 81,16 dengan ketuntasan klasikal
86,6. Sedangkan data respon siswa pada uji coba skala besar memiliki rata-rata 100 %.
Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flanelgraf berbasis Mind Mapping
layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : media, flanelgraf, mind mapping, model Borg and Gall