Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan melalui media kartu bergambar pada siswa kelompok B1 di TK Darma
Wanita Masbagik Utara. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
membaca permulaan siswa.
Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model
penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek
penelitian yakni 17 siswa Kelompok B1 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9
siswa perempuan. Objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang
berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan
menyebutkan mengenal huruf, mengghucapkan sesuai dengan bentukm huruf,
mengenal gambar, mengetahui gambar yang diperlihatkan, membaca kata. Teknik
analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator kemampuan
membaca permulaan pada siswa telah mencapai ≥80% dengan kriteria baik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu bergambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Pada tahap Pratindakan
persentase rata-rata ketercapaian siswa baru mencapai presentase 23,52%, pada
pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 52,94%, dan pencapaian
kemampuan membaca permulaan pada Siklus II sebesar 82,35. Nilai pada akhir
siklus II tersebut telah mencapai targer indicator keberhasilan yaitu ≥80%
sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkat
kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok B1 di TK Darma Wanita
Masbagik Utara.
Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media kartu bergambar, PTK