DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI LGBT (LEARNING WITH GAME BY TREATMENT) TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HENDRIYANTI, RIZKI
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 03:06:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LGBT (Leranig with Game By Tretament) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Cahaya Gelora tahun pelajaran 2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah subjek sebanyak 23 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t (t-tes) dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan strategi LGBT (Learning with Game By Treatment) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5- 6 tahun yaitu thitung = 4.576 > ttabel 1.717 sehingga hasil hipotesisnya diterima. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak dari hasil pretest dan postest. Hasil pretest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 34 % yang dicapai oleh semua anak dalam kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 73% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi LGBT (Learning with Game By Treatment) terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Strategi LGBT (Learning with Game By Treatment), Perkembangan Kognitif, Anak usia 5-6 tahun 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi