Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LGBT
(Leranig with Game By Tretament) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6
tahun di PAUD Cahaya Gelora tahun pelajaran 2019. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen,
dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.
Subjek penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah subjek
sebanyak 23 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t (t-tes) dengan α =
0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan strategi LGBT
(Learning with Game By Treatment) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-
6 tahun yaitu thitung = 4.576 > ttabel 1.717 sehingga hasil hipotesisnya diterima. Hal
ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan peningkatan perkembangan kognitif
anak dari hasil pretest dan postest. Hasil pretest diperoleh rata-rata total
presentase keseluruhan 34 % yang dicapai oleh semua anak dalam kategori
penilaian “Mulai Berkembang (MB)†dan setelah dilaksanakan perlakuan atau
posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari
sebelumnya yakni 73% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan
(BSH)â€. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi
LGBT (Learning with Game By Treatment) terhadap peningkatan perkembangan
kognitif anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: Strategi LGBT (Learning with Game By Treatment), Perkembangan
Kognitif, Anak usia 5-6 tahun