Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
metode story telling dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak,
mengetahui langkah-langkah penerapan metode story telling dalam proses
pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun dan mengetahui pengaruh metode story
telling dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun.
Metode yang digunakan dalam menganalisis kemampuan berbicara anak adalah
observasi dan dokumentasi data yang sangat diperlukan untuk keabsahan data
yang digunakan peniliti untuk penyusunan skripsi dan mendokumentasikan
kegiatan proses pembelajaran. Hasil secara klasikal terjadi peningkatan nilai ratarata dari siklus I ke siklus II yaitu dari 59,2 ke 79. Itu artinya sesudah PTK
dilaksanakan melalui metode story telling dengan media audio visual maka
kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Sekarwangi Kelurahan
Sekarteja meningkat.
Kata kunci: Pengaruh, Media story telling, dan Berbicara.