Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan
motorik kasar melalui permainan tradisional balap karung. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam
proses pembelajaran. Untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak,
peneliti memperoleh data melalui observasi dan dokumentasi. Sabjek dalam
penelitian ini adalah anak kelompok A TK Darussollihin NW Kalijaga yang
berjumlah dua puluh empat anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah
penerapan permainan balap karung untuk meningkatkan perkembangan motorik
kasar anak.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap
kegiatan permainan balap karung pada pra tindakan, siklus I dan siklus II
mengalami peningkatan dengan kriteria keberhasilan Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Adapun hasil persentase
pada kegiatan pra tindakan itu untuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
maih 0%, kemudian pada siklus I untuk kategori Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) meningkat menjadi 62,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang
signifikan yaitu Berkembang Sangant Baik (BSB) dengan persentase 79,1%.
Peningkatan yang terjadi antara pra tindakan, siklus I dan siklus II disebabkan
karena guru sudah memberikan pembelajaran dengan baik dan motivasi yang kuat
kepada anak didik sehingga terjadi banyak peningkatan yang signifikan terhadap
perkembangan motorik kasar anak.
Kata kunci: perkembangan motorik kasar, permainan balap karung.