Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan media kartu
huruf bergambar untuk meningkatkan keasaraan awal anak pada Kelompok A
PAUD KB Tunas Mulia Desa Pengadangan Tahun Ajaran 2019/2020.Subjek
penelitian ini adalah Kelompok A PAUD KB Tunas Mulia Desa Pengadangan,
Kecamatan Pringgasela Lombok Timur Tahun 2019 yang berjumlah 15 anak.
Objek penelitian ini adalah kemampuan keaksaraan awal melalui media kartu
huruf bergambar. Penelitiaan ini merupakan penelitian tindakan kelas atau
Classroom Action Research (CAR), menggunakan 4 tahapan mulai dari
Perencanaan , Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah data observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan
datanya adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik
kuantitatif untu mengetahui ketuntasan belajar individu dan ketuntasan secara
klasikal dimana dalam penelitian ini anak dinyatakan tuntas apabila masuk
kategori BSH dan ketuntasan klasikal tercapai apabila jumlah anak yang tuntas
mencapai 75% atau lebih.Pada pra siklus anak yang tuntas 6 dari 15 anak dan
ketuntasan klasikalnya 40%, pada siklus I jumlah anak yang dinyatakan tuntas
hanya 10 anak sedangkan ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 66% dan pada
siklus II perubahan pada kemampuan keaksaraan awal anak, dimana anak yang
tuntas sebanyak 14 anak dan ketuntasan klasikal mencapai 93,3 %.
Kata Kunci : , Kemampuan Keaksaraan Awal,Media Kartu Huruf Bergambar