Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional
boi-boian terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Pertiwi Selong
Tahun 2019.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan
jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan tekhnik
purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 17 anak kelompok B2.Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t-tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan permainan tradisional
boi-boian terhadap kemampuan kognitif anak (thitung = 3.208 >ttabel= 1.74588)
sehingga hiotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap kemampuan kognitif
anak, dengan pretestdiperoleh rata-rata total persentase keseluruhan 30 % yang
dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian
“Mulai Berkembang (MB)†dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest
diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni
82 % dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)â€.
Kata Kunci: permainan tradisional boi-boian, kemampuan kognitif anak