Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui kesulitan guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah di Gugus II Kecamatan Masbagik
dengan sampel 7 sekolah yaitu SDN 1 Masbagik Selatan, SDN 2 Masbagik
Selatan, SDN 3 Masbagik Selatan, SDN 4 Masbagik Selatan, SDN 4 Masbagik
Selatan, SDN 5 Masbagik Selatan, SDN 6 Masbagik Selatan, dan SDN 7
Masbagik Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa guru
mengalami kendala dalam menggunakan perangkat pembelajaran. Dari tujuh
orang guru, terdapat empat orang guru yang mengalami kesulitan pada penilaian
dan dua orang guru kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran.
Kata kunci: kendala guru, perangkat pembelajaran