Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema
indahnya kebersamaan kelas IV SDN 3 Rempung tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
SDN 3 Rempung yang berjumlah 24 orang. Instrumen pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Adapun indikator keberhasilan
tindakan ditandai dengan ≥ 70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses
pembelajaran telah memperoleh nilai ≥ 70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada tema
indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN 3 Rempung setelah menerapkan
pembelajaran tematik berbasis majalah pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata
siswa mencapai 78,13 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63% dan belum
mencapai kriteria indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus
berikutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80,21 dengan ketuntasan
klasikal mencapai 83% dan telah mencapai batas indikator keberhasilan (≥70%),
yang berarti penerapan pembelajaran tematik berbasis majalah pada tema
indahnya kebersamaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3
Rempung tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Majalah, Hasil Belajar