Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas sekolah
terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di MI NW II Kelayu. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
Kelengkapan fasilitas sekolah dan siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dengan Analisis
datanya menggunakan analisis model Meleong yaitu metode perbandingan tetap,
metode analisis data dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan bahwa terdapat pengaruh kelengkapan fasilitas sekolah terhadap prestasi
belajar siswa sekolah dasar di MI NW II Kelayu, hal ini dikarenakan terbatasnya
fasilitas sekolah terbatas pula ruang gerak siswa untuk belajar. Semakin lengkap
fasilitas yang tersedia, semakin berminat pula siswa dalam belajar dan akan
menimbulkan rasa ingin tahu yang lebih dalam lagi dari dalam diri siswa karena
seperti yang diketahui bahwa pada masa anak-anak, masa dimana anak memiliki rasa
ingin tahu yang begitu besar. Maka dari itu, fasilitas yang tersedia seharusnya
fasilitas yang bisa menyeimbangi antara rasa ingin tahu dan masa bermainnya agar
anak tersebut tidak merasa bosan atau jenuh untuk belajar. Kesimpulannya perlu
ditingkatkan lagi fasilitas sekolah dasar MI NW II Kelayu yang lebih memadai agar
minat belajar siswa lebih ditingkatkan lagi.
Kata kunci : Kelengkapan Fasilitas Sekolah dan Prestasi Belajar Siswa