Abstract :
Feni Widiawati. (2018). Analisis Pola Belajar Di Rumah Terhadap Hasil Ulangan
Harian Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Masbagik Timur Tahun
Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola belajar peserta didik di
rumah dan kecenderungan pola belajar yang dilakukan peserta didik. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Masbagik Timur. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data
dilaksanakan melalui observasi berperan serta dan observasi tidak terstruktur,
wawancara tidak terstruktur, pengisian angket, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan
Huberman. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan uji kredibilitas, dependabilitas, dan
konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar peserta didik kelas IV SD
Negeri 2 Masbagik Timur berbeda-beda. Sehingga kecenderungan pola belajar
peserta didik juga berbeda-beda. Dari dua puluh tiga peserta didik ada delapan
peserta didik dengan kecenderungan pola belajar yang baik, tujuh peserta didik
dengan kecenderungan pola belajar cukup baik, lima peserta didik dengan
kecenderungan pola belajar kurang baik, dan tiga peserta didik dengan kecendrungan
pola belajar sangat kurang.
Kata kunci: pola belajar di rumah