Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas V SDN 5 Lenek Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 5 Lenek sebanyak 27 siswa sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas V B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data
menggunakan kalimat instruksi keterampilan membaca pemahaman siswa. Data
dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi. Nilai siswa dari hasil pre test
yaitu jumlah siswa yang lulus sebanyak 12 siswa dengan persentase 44,4%, siswa
yang tidak lulus sebanyak 15 siswa dengan persentase 55,6% dan nilai rata-rata yang
diperoleh adalah 65. Adapun nilai siswa dari hasil post test, jumlah siswa yang lulus
sebanyak 20 siswa dengan persentase 74% dan jumlah siswa yang tidak lulus
sebanyak 7 siswa dengan persentase 26%, dan nilai rata-rata yang di peroleh siswa
adalah 79. Dapat disimpulkan bahwa ada 20 siswa yang mendapatkan nilai yang
memenuhi standar atau sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu
>70 dengan persentase 74%, dan 7 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari standar
atau belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) <70 dengan persentase
26%. Hal ini membuktikan bahwa tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa
kelas V SDN 5 Lenek meningkat 29,6 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Lenek pada tahun pelajaran
2018/2019 meningkat pada kategori sedang.
Kata Kunci: Tingkat Keterampilan Membaca Pemahaman