DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 5 LENEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AENUDDIN, AENUDDIN
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 06:39:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Lenek Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 5 Lenek sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan kalimat instruksi keterampilan membaca pemahaman siswa. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi. Nilai siswa dari hasil pre test yaitu jumlah siswa yang lulus sebanyak 12 siswa dengan persentase 44,4%, siswa yang tidak lulus sebanyak 15 siswa dengan persentase 55,6% dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 65. Adapun nilai siswa dari hasil post test, jumlah siswa yang lulus sebanyak 20 siswa dengan persentase 74% dan jumlah siswa yang tidak lulus sebanyak 7 siswa dengan persentase 26%, dan nilai rata-rata yang di peroleh siswa adalah 79. Dapat disimpulkan bahwa ada 20 siswa yang mendapatkan nilai yang memenuhi standar atau sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu >70 dengan persentase 74%, dan 7 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari standar atau belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) <70 dengan persentase 26%. Hal ini membuktikan bahwa tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Lenek meningkat 29,6 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Lenek pada tahun pelajaran 2018/2019 meningkat pada kategori sedang. Kata Kunci: Tingkat Keterampilan Membaca Pemahaman 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi