Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio visual
berbasiskearifan lokal pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan dan bagaimana hasil
pengembangan dari perancangan media berbasis kearifan lokal yang telah
didesain. Penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model
pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dibatasin
sampai tujuh tahapan yaituyaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Jumlah
siswa yang dijadikan subyek coba pada penelitian ini adalah 36 orang yang
diambil dari kelas IV SDN 1 Danger tahun pelajaran 2019-2020. Analisis data
yang diolah pada penelitian ini bersumber dari lembar validasi produk yang
dikembangkan, dari hasil angket dan tes hasil belajar. Penelitian pengembangan
ini menghasilkan sebuah produk berupa media audio visual berbasis kearifan lokal
yang digunakan dalam mengajarkan tema 1Indahnya Kebersamaan. Dari hasil
analisis data menunjukkan bahwa media yang dirancang berkategori valid dengan
kualitas bahan ajar baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi
dengan skor rata-rata 4,9 dan ahli tampilan dengan skor rata-rata 3,5. Data lain
sebagai pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari hasil respon siswa yang
memberikan jawaban “ya†dengan respon sebesar91,3% untuk uji coba serta hasil
dari tes belajar siswa dalam belajar menggunakan media audio visual berbasis
kearifan lokal adalah baik dengan ketuntasan klasikal siswa mencapai lebih dari
50% yaitu 80%. Ini berarti bahwa pengembangan media audio visual berbasis
kearifanlokalefektif digunakan dalam mengajarkan tema 1Indahnya Kebersamaan.
Kata kunci: Pengembangan, Media Audio Visual, Kearifan Lokal