DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM MENENTUKAN FAKTOR DAN KELIPATAN KELAS IV SDN 3 LEPAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
RIZKAN HAMDI, HENDRI
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 06:56:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaaruh model Think Pair Shareterhadap motivasi belajar matematika swaswa dalam menentukan faktor dan kelipatan kelas IV SDN 3 Lepak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 40 swaswa. Pengambilan sampel menggunakan angket/kuesioner dan didapatkan dua sampel yakni kelas IV A dengan jumlah 20 swaswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah 20 swaswa sebagai kelas eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen True eksperimental design dengan jenwas posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang berjumlah 14 nomer. Data yang dikumpulkan dari hasil posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang kemudian dianalwaswas dengan menggunakan interval kategori. Berdasarkan analwaswas data diperoleh nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 37 dengan nilai rata-rata 65 untuk kelas kontrol dan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 58 dengan nilai rata-rata 86 untuk kelas eksperimen sehingga dapat dwasimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TPS berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika swaswa kelas IV SDN 3 Lepak tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Think Pair Share, Motivasi Belajar. 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi