Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaaruh model Think Pair
Shareterhadap motivasi belajar matematika swaswa dalam menentukan faktor dan kelipatan
kelas IV SDN 3 Lepak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan jumlah populasi 40 swaswa. Pengambilan sampel menggunakan
angket/kuesioner dan didapatkan dua sampel yakni kelas IV A dengan jumlah 20 swaswa
sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah 20 swaswa sebagai kelas eksperimen.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen True
eksperimental design dengan jenwas posttest control group design. Instrumen yang
digunakan adalah angket motivasi belajar yang berjumlah 14 nomer. Data yang dikumpulkan
dari hasil posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang kemudian
dianalwaswas dengan menggunakan interval kategori. Berdasarkan analwaswas data
diperoleh nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 37 dengan nilai rata-rata 65 untuk kelas kontrol
dan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 58 dengan nilai rata-rata 86 untuk kelas eksperimen
sehingga dapat dwasimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TPS berpengaruh terhadap
motivasi belajar matematika swaswa kelas IV SDN 3 Lepak tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Model Think Pair Share, Motivasi Belajar.