Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kolaborasi Model
Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan Permainan Balap Karung
pada Materi Jarak dan Kecepatan Kelas V SDN 1 Semaya TP. 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian
Quasi-experimental design bentuk (control group posttest only Design). Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Semaya berjumlah 48
Orang. Kelas V A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang dan siswa kelas
V B sebagai kelas control berjumlah 24 orang. Variabel penelitian ini
menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah Model
Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan Permainan Balap Karung,
sedangkan variabel terikat adalah Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan dari uji t
yang dilakukan didapati t-hitung = 2,94 dan ttabel = 2,01 pada taraf singnifikan 5%.
Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Dari Model Pembelajaran Team Game
Tournament (TGT) dengan Permainan Balap Karung pada Materi Jarak dan
Kecepatan Kelas V SDN 1 Semaya TP. 2018/2019.
Kata kunci: Team Game Tournament (TGT), Permainan Balap Karung, Hasil
Belajar Siswa.