Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar siswa dalam memahami materi IPS siswa kelas VI SDN 1 Masbagik
Selatan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VI di SDN 1 Masbagik Selatan tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel
penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VI B sebagai
subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Data dianalisis menggunakan
model Miles dan Hubberman (1984). Penelitian di kelas VI B SDN 1
Masbagik Selatan menunjukkan hasil faktor yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan memahami materi IPS, yakni faktor internal dan
eksternal. Faktor internal berupa: motivasi, dan Faktor eksternal berupa:
peran orang tua dan sekolah(guru).
Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial