DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IPS KELAS VI SDN 1 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
A’LA, AHMAD RAFIKUL
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-05 07:35:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi IPS siswa kelas VI SDN 1 Masbagik Selatan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN 1 Masbagik Selatan tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VI B sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Hubberman (1984). Penelitian di kelas VI B SDN 1 Masbagik Selatan menunjukkan hasil faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami materi IPS, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa: motivasi, dan Faktor eksternal berupa: peran orang tua dan sekolah(guru). Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi