Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan sains teknologi
masyarakat terhadap hasil belejar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 6
Masbagik Utara pada materi pokok hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring
makanan di lingkungan sekitar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif
kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen dengan jenis
nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas V
sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, kelas V-A digunakan sebagai
kelas eksperimen dan kelas V-B digunakan sebagai kelas kontrol. Data yang
diperlukan diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Tes sebelumnya diujicobakan
dan diuji validitas serta diuji reliabilitas sehingga dapat digunakan untuk mengukur
hasil belajar IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05,
didapatkan > yaitu 3,05 > 2,02, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci : Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar IPA