Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengintervensi dini anak kesulitan belajar
di MI Muhammadiyah Kelayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif, dengan sumber penelitian berjumlah 3 Informan, yaitu: dua siswa dan
wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui siswa kelas III MI Muhammadiyah Kelayu
mengalami masalah kesulitan membaca (disleksia). Masalah kesulitan belajar
membaca (disleksia) dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan
eksternal. Adapun faktor internal ialah lemahnya kemampuan motorik, kurangnya
minat dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal ialah cenderung
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kelompok pertemanan. Melihat dari
banyaknya kesulitan belajar yang dialami siswa maka sangat diharapkan kepada
guru mengintervensi dini jenis kesulitan belajar yang dialami siswa sehinga dapat
dilakukan pencegahan atau pemberian solusi sedini mungkin.Adapun salah satu
program perbaikan yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu
dengan memberikan bimbingan belajar individual.
Kata Kunci: intervensi dini, anak kesulitan belajar.