DETAIL DOCUMENT
INTERVENSI DINI ANAK KESULITAN BELAJAR DI MI MUHAMMADIYAH KELAYU 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AKBAR, AHMAD ZAHIDIN
Subject
Kebijakan Pendidikan 
Datestamp
2021-01-05 07:47:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengintervensi dini anak kesulitan belajar di MI Muhammadiyah Kelayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber penelitian berjumlah 3 Informan, yaitu: dua siswa dan wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui siswa kelas III MI Muhammadiyah Kelayu mengalami masalah kesulitan membaca (disleksia). Masalah kesulitan belajar membaca (disleksia) dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal ialah lemahnya kemampuan motorik, kurangnya minat dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal ialah cenderung dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kelompok pertemanan. Melihat dari banyaknya kesulitan belajar yang dialami siswa maka sangat diharapkan kepada guru mengintervensi dini jenis kesulitan belajar yang dialami siswa sehinga dapat dilakukan pencegahan atau pemberian solusi sedini mungkin.Adapun salah satu program perbaikan yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memberikan bimbingan belajar individual. Kata Kunci: intervensi dini, anak kesulitan belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi