Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang
bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk dalam bentuk media
pembelajaran berbasis macromedia flash. Subjek uji coba yang digunakan pada
penelitian ini adalah 15 siswa kelas V SDN 2 Suradadi tahun pelajaran
2018/2019. Adapun prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur
pengembangan yang mengacu pada penelitian pengembangan Borg and Gall yang
terdiri dari 7 tahapan, yaitu Penelitian dan pengumpulan informasi, Perencanaan,
Pengembangan produk awal, Pengujian oleh tim ahli, merevisi produk, uji coba
lapangan utama, dan penyempurnaan produk. Instrument yang digunakan pada
penelitian ini dalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli
media/tampilan, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Adapun skor
yang diberikan oleh ahli materi adalah 44 dengan kategori “Baikâ€, skor yang
diberikan oleh ahli media/tampilan adalah 36 dengan kategori “Baikâ€, dan skor
rata-rata dari pengisian angket respon siswa adalah 41.67 berada pada kategori
“Baikâ€, serta rata-rata skor dari tes hasil belajar siswa adalah 82.6 berada pada
kategori “Baikâ€. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media
pembelajaran berbasis macromedia flash yang dikembangkan layak digunakan
dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).
Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)