Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan literasi,
hambatan dan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan
menulis siswa Kelas III MI NW No. 05 Pancor. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah,
Guru dan Siswa-siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini
menggunakan trianggulasi, sumber dan trianggulasi teknik. Data dianalisis secara
interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi berdasarkan data yang terkumpul, kemudaian
didiskripsikan dan dianalisis. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan
literasi di Kelas III MI NW No. 05 Pancor berperan dalam memotivasi siswa
untuk menyukai kegiatan membaca dan menulis, hambatan pihak sekolah dalam
meningkatkan minat baca dan menulis siswa Kelas III MI NW No. 05 Pancor
melalui kegiatan literasi yakni kedisiplinan, pembiasaan siswa, minat, dan metode
yang diterapkan guru dan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan minat
membaca dan menulis siswa melalui kegiatan literasi adalah pihak sekolah selalu
memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, mengenalkan pentingnya
menumbuhkan minat dan mengadakan lomba-lomba sebagai wadah siswa untuk
berpartisipasi aktif.
Keywords: Peran, Kegiatan Literasi, Meningkatkan Minat Baca.