Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PKN kelas IV SDN 1 Setanggor tahun pelajaran 2018/2019 pada materi
sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseach).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, berjumlah siswa 26 orang. Laki-laki 8 orang
dan perempuan 22 orang, pada SDN 1 Setanggor. Yang dilaksanakan di bulan Juli
sampai Agustus 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus terdiri dari empat
tahap, kegiatan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Untuk
mempermudah peneliti dalam mengumpulkan data dan memperoleh hasil lebih baik,
dalam instrumen penelitian terdapat pedoman kegiatan guru, observasi dan Tes Hasil
Belajar (THB). Data yang diperoleh yaitu hasil observasi dianalisis secara deskriftif
untuk setiap siklus.
Setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan, 2 pertemuannya untuk pengajaran dan 1
pertemuan untuk evaluasi. Dari hasil observasi Pada siklus I pertemuan pertama
diperoleh skor sikap belajar siswa sebesar 55% dengan kategori cukup aktif dan pada
pertemuan ke dua observasi aktivitas siswa sebesar 66% dengan kategori aktif
sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 75 dan persentase
ketuntasannya 78%. Pada siklus keII skor aktifitas siswa untuk pertemuan 1 sebesar
77 % dengan kategori aktif dan pada prtemuan ke2 sebesar 83% dengan kategori aktif
sedangkan hasil evaluasi siswa diperoleh nilai rata-rata 79dengan ketuntasan klasikal
88%. Dari hasil siklus I dan II disimpulkan bahwa penerapan model pelajaran
Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas IV SDN 1 Setanggor tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci :Prestasi Belajar, Metode Visulization Auditory Kinestetic (VAK)