Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai mana kemampuan
membaca intensif siswa serta meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca
intensif itu sendiri dengan pendekatan otentik learning siswa kelas IV SDN 2
Montong Tangi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Montong Tangi,
Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur yang terdiri dari 29 siswa.
Prosedur pada penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya melalui empat
tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen
penelitian ini yaitu observasi dan tes, observasinya mencakup aktivitas siswa selama
proses pembelajaran berlangsung serta sikap guru dalam mengajar. Adapun tes
diberikan kepada siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan otentik learning. Indicator keberhasilan penelitian ini dilihat Dari hasil tes
siswa yang secara klasikal mencapai 85% dan siswa secara individual mendapatkan
nilai >65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan ontentik
learning dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN 2
Montong Tangi tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tes
yang diberikan pada siklus II, karna siklus I belum dapat dilihat peningkatan
dikarenakan indicator keberhasilannya belum tercapai. Pada siklus I ketuntasan
klasikal 73,9% dengan nilai rata-rata 81,37. Kemudian pada siklus II mengalami
peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89,65% nilai rata-rata 83,8. Dengan hasil
tersebut telah memenuhi indicator keberhasilan yang peneliti tentukan yakni melebihi
85%.
Kata Kunci: Pedekatan Otentik Learning, Kemampuan, Membaca Intensif