Abstract :
Hidayatul Ikhsan. (2018). Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic
education (RME) Berbasis Permaianan Tradisional Terhadap
kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2
Sandubaya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing: (1) Muhammad Sururuddin, M.Pd. dan (2) Rifa’atul
mahmudah, M.Pd.
Kata Kunci: RME berbasis Permainan tradisional, Kemampuan Pemecahan
Masalah
Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sandubaya dengan menerapakan
pembelajaran matematika yang kontekstual agar siswa memahami konsep
matematika yang abstrak, karena pada kenyataan dilapangan siswa kesulitan
memahami materi yang abstrak dan tidak mampu menyelesaikan masalah yang
diberikan guru. Oleh karena itu diterapkannya pendekatan RME berbasis
permainan tradisional agar siswa memiliki keterampilan dalam pemecahan
masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas
Pendekatan RME Berbasis Permaianan Tradisional Terhadap kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Sandubaya. Jenis
penelitian ini termasuk eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan
adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas III SDN 2 Sandubaya dengan ketentuan kelas III A sebagai
kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Tekhnik pengumpulan
data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Tehnik dianalisis data
yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian dengan menggunakan
uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,70>2,034) yang
berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya
keefektifan penerapan pendekatan RME Berbasis Permainan Tradisional
ABSTRAK
vi
Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2
Sandubaya Tahun Pembelajaran 2017/2018.