Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah prodak bahan ajar IPS
berbasis kearifan lokal materi mengenal budaya untuk siswa kelas V MI NW 03
Pancor TP. 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NW 03 Pancor yang berjumlah 32
orang, dan terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 20 orang siswa laki-laki.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model Borg and
Gall yang sudah disederhanakan menjadi 7 tahapan, yaitu melakukan penelitian
dan pengumpulan data, perencanan atau desain, pengembangan modul, uji
validasi ahli,revisi awal, uji coba lapangan, dan revisi setelah uji coba lapangan.
Instrumen pengumpulan data meliputi validasi oleh tim ahli, angket respon siswa,
dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan
bahan ajar IPS berbasis kearifan local materi mengenal budaya layak digunakan
setelah dilakukan uji validasi oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,5 dengan
kategori baik dan ahli materi dengan skor rata-rata 3,9 dengan kategori baik. Hasil
angket respon siswa mendapat skor rata-rata 52,68 dengan kategori sangat baik.
Sehingga dapat di simpulkan dari data di atas bahwa bahan ajar IPS berbasis
kearifan local materi mengenal budaya untuk siswa kelas V MI NW NO 03
Pancor layak di gunakan.
Kata kunci: Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lombok.