Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
Problem Based Learning berbantuan media kartu pintar terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada kelas IV SDN 3 Paokmotong.Jenis
penelitian yang digunakan adalah quasi ekperiment dengan desain penelitian one
group pretest postest. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa dan variabel bebasnya adalah model
Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang
berjumlah 22 orang siswa dengan rincian 13 siswa perempuan dan 9 siswa lakilaki. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yaitu tes essay.
Tehnik analisis data parametrik dengan bantuan program MS Exel.Hasil
penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media
kartu pintar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa kelas IV SDN 3 Paokmotong. Hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan
hasil pretest dan postest siswa. Rata-rata skor pretest siswa sebesar 65 mengalami
peningkatan pada skor postest menjadi 71. Berdasarkan uji t, menunjukan bahwa
nilai thitung sebesar 8,671 ≥ ttabel 2,060 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya
bahwa model Probelem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 3 Paokmotong.
Kata kunci : model Problem Based Learning, media kartu pintar, kemampuan
pemecahan masalah matematika