Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole
language terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 1 Suela
tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest. Populasi dalam
penelitian ini yaitu semua kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020
denagn jumlah24 orang. Adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut.
Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis siswa dengan
menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa
pada keterampilan menulis terdapat nilai thitung sebesar 3,454 dengan ttabel
1,711. Maka dapat disimpulkan jika thitung > ttabel yang artinya adanya pengaruh
pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis siswa. maka
berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan
pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa
kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : Pendekatan Whole Language, Menulis