Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media video
terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V MI NW Sukarema Tahun
Pelajaran 2019/2020. dengan menggunakan media audio visual berbentuk video
cerita rakyat, siswa diberikan kesempatan untuk menonton dan menyimak video
cerita rakyat dari awal hingga akhir agar siswa mampu menjawab unsur-unsur
intrinsic cerita yang sudah disimak. Dengan demikian peneliti dapat menilai
keterampilan menyimak masing-masing siswa. Jenis penelitian ini menggunakan
metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel
penelitian ini adalah kelas V MI NW Sukarema yang berjumlah 20 siswa. Teknik
analisis data yang dignakan adalah ekspert judment ini menggunakan selaka lima
untuk analisis validasi. Hasil validasi instrumen dari ahli instrumen menunjukkan
kualifikasi “sangat baik†nilai ahli diperoleh keseluruhannya 66 dengan rata-rata
4,4. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan penelitian
hasil posttest dapat dikatakan meningkat karena rentang nilai untuk kriteria tinggi,
sedang, rendah pada posttest lebih tinggi dari hasil pretest, yakni pretest nilai
rendahnya adalah ≤33 pada posttest rentang nilai rendahnya adalah ≤60. Itu
artinya media video cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam
memahami materi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional meskipun
nilai rata-rata siswa masih sama-sama tergolong sedang.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Media Video