Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar IPA
siswa kelas III SDN 3 Suryawangi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah eksplanatoris yang bertujuan untuk mengkaji hipotesis
yang diketengahkan oleh peneliti dengan menggunakan pretest dan posttest.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Suryawangi
yang terdiri dari 28 orang siswa dengan menggunakan metode scramble.
Berdasarkan hasil analisis data dan evaluasi diperoleh nilai rata-rata pada
pretest 6,18 dan rata-rata untuk posttest 7,71. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang
diterima yaitu hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Suryawangi Tahun
Pelajaran 2018/2019 berada pada kategori aktif dengan presentase 85,71 % sesuai
dengan kriteria perhitungan presentase skala dua dengan interval tingkat
keberhasilan 60-79%.
Kata Kunci : hasil belajar IPA, metode scramble