Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pembelajaran
berbasis konstruktivis pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan
kelas IV SDN 5 Suralaga dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall
yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah yaitu (1) potensi dan masalah,
(2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain (6)
uji coba produk, (7) revisi produk. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil
validasi materi dengan nilai 82% dan validasi ahli media sebesar 82%, serta
respon 9 siswa mendapat penilaian sebesar 100% dan hasil belajar peserta didik
sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk bookletpembelajaran
berbasis konstruktivisme pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan
kelas VI SDN 5 Suralga layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Booklet, konstruktivisme, Hasil Belajar