Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap matematika
dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V.B MI NW
Hamzanwadi No. 1 Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.B tahun pelajaran 2018/2019 yang
sekaligus menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini yakni lembar tes untuk memperoleh
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar angket untuk
mendapatkan data terkait sikap matematika. Teknik analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap matematika
dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berhubungan positif dengan
koefisien korelasi thitung = 3,69 dan ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5%,
dimana thitung lebih besar dibandingan dengan ttabel. Berdasarkan data tersebut
maka terdapat hubungan sikap matematika dengan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas V MI No. 1 Hamzanwadi tahun pelajaran
2018/2019.
Kata Kunci: Pembelajaran matematika, sikap matematika, pemecahan masalah.