Abstract :
Ipa Nurmala. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Team
Achievement Devision (STAD) Berbantuan Permaianan
Tradisional Bakiak Terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SDN 6
Danger Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh model cooperative
learning tipe Studen Team Achievment Devision (STAD) berbantuan permainan
tradisional Bakiak terhadap nilai-nilai karakter siswa pada mata pelajaran IPS
kelas V di SDN 6 Danger Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen, dengan bentuk desain True Experimental Posttest Only
Control Design. Hasil analisis data dikelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata
yang lebih besar yakni 73,9 terletak pada interval nilai 68 –84, yang termasuk
dalam kategori “baikâ€. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dikelas kontrol
yakni 65,5 yang berada pada interval nilai 52– 68, dengan masuk dalam kategori
“cukupâ€. Dengan demikian terdapat selisih perolehan nilai rata-rata diantara kelas
eksperimen dan kontrol sebesar 8,4 %. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan
uji normalitas data dengan chi kuadrat, selanjutnya uji homogenitas dengan
statistik uji-F, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh hasil (thitung =2,69 > ttabel =2,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning
tipe Studen Team Achievment Devision (STAD) berbantuan permainan tradisional
Bakiak terhadap nilai-nilai karakter siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di
SDN 6 Danger Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Cooperative, Student Team Achievement Devision (STAD), Nilai-
Nilai Karakter, IPS.