Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran
IPS menggunakan metode diskusi melalui media animasi terhadap prestasi belajar
IPS pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya siswa Kelas IV SD
Islam Gerisak Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa IV SD Islam Gerisak
Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai
sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah“Quasy Experimental†dengan
jenis “Nonequivalent Control Groupâ€. Data dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen berupa tes prestasi belajar yang diberikan diawal sebagai pre-test dan
diakhir penelitian sebagai post-test. Data yang dianalisis yaitu selisih antara nilai
post-test dan pre-test dengan menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan.
Hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel yaitu 6,429 > 1,694. Hasil ini
menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu ada pengaruh positif pembelajaran IPS
menggunakan metode diskusi melalui media animasi terhadap prestasi belajar IPS
pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya siswa Kelas IV SD Islam
Gerisak Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Metode diskusi, Media animasi, Prestasi belajar