Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa
(LKS) berbasis lks berbasis aktivitas pada pembelajaran tematik siswa kelas IV
SDN 3 kalijaga. Pada penelitian ini Metode yang digunakan adalah Research
and Development (R & D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah
disederhanakan menjadi 8 tahapan. Sebelum diuji coba Lembar Kerja Siswa yang
dikembangkan terlebih dahulu divalidasi yang diperoleh hasil validasi materi
dengan nilai kategori (“baikâ€) dan hasil validasi bahasa dengan
nilaiX 40,8 kategori (“sangat baikâ€). Adapun hasil uji coba skala kecil
dengan persentase 60% dan uji coba skala besar 24 siswa dengan persentase
70,83% kategori “baikâ€. Sedangkan, hasil aktivitas belajar siswa pada skala kecil
berkategori “baik†dengan persentase 70% dan pada skala besar dalam kategori
“baik†dengan persentasenya 79,16%. Sehingga dengan hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis aktivitas dapat meningkatkan
respon dan aktivitas belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Lks Berbasis Aktivitas Pada Pembelajaran Tematik.