Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian metode
simulasi siaga bencana gempa bumi pada kecerdasan kinestetik anak kelas 2 di
SDN 1 Sembalun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 anak pada kelas 2 di
SDN 1 Sembalun. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi
dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan tehnik analisis kualitatif.
Kecerdasan kinestetik anak melalui metode simulasi siaga bencana gempa
bumi, selama pelaksanaan rata-rata berkembang sesuai harapan (BSH),
dijelaskan bahwa dari 24 siswa yang belum berkembang (BB) tidak ada dengan
persentase 0%, mulai berkembang (MB) tidak ada dengan persentase 0%,
berkembang sesuai harapan (BSH) ada 15 siswa dengan persentase 62,5% dan
berkembang sangat baik (BSB) ada 9 siswa dengan persentase 37,5%.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui adanya perbedaan yang signifikan
tentang pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi pada
kecerdasan kinestetik anak. Kesimpulannya: pemberian metode simulasi siaga
bencana gempa bumi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelas 2
di SDN 1 Sembalun.
Kata Kunci: metode simulasi siaga bencana gempa bumi, kecerdasan
kinestetik