DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBERIAN METODE SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI PADA KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELAS 2 DI SDN 1 SEMBALUN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
LESTARI, AYU IRMA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-06 03:27:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi pada kecerdasan kinestetik anak kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 anak pada kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan tehnik analisis kualitatif. Kecerdasan kinestetik anak melalui metode simulasi siaga bencana gempa bumi, selama pelaksanaan rata-rata berkembang sesuai harapan (BSH), dijelaskan bahwa dari 24 siswa yang belum berkembang (BB) tidak ada dengan persentase 0%, mulai berkembang (MB) tidak ada dengan persentase 0%, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 15 siswa dengan persentase 62,5% dan berkembang sangat baik (BSB) ada 9 siswa dengan persentase 37,5%. Berdasarkan hasil analisis data diketahui adanya perbedaan yang signifikan tentang pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi pada kecerdasan kinestetik anak. Kesimpulannya: pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Kata Kunci: metode simulasi siaga bencana gempa bumi, kecerdasan kinestetik 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi